4 Motif Batik Solo yang Membuat Negara Lain Terpukau

Batik Solo menjadi ikon salah satu batik Indonesia yang sangat berpengaruh terhadap kharisma dunia. Masyarakat yang ada di Solo membuat kain batik dilakukan secara turun temurun, sehingga berhasil melahirkan motif batik mencapai ratusan bahkan hingga ribuan motif. Sementara untuk setiap motif tentu memiliki makna dan arti yang terkandung di dalamnya.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa di negara lain pun juga terpukau dengan motif batik khas Solo karena keindahan dan keunikan dari motif nya. Untuk mengetahui motif apa saja silahkan simak berikut ini:

  1. Motif Truntum

Batik motif Truntum berhasil diciptakan oleh permaisuri Sunan Pakubuwono ketiga yaitu Kanjeng Ratu Kencana. Untuk motif Truntum ini memiliki arti cinta bisa tumbuh kembali. Kebanyakan motif Truntum ini akan dikenakan oleh para orang tua pengantin ketika menjalankan prosesi pernikahan anaknya.

  • Motif Parang

Motif Parang ini menjadi motif batik yang paling tua di negara Indonesia yang digambarkan oleh sebuah garis yang menurun dari ketinggian. Pada motif ini terdapat susunan motif S yang saling menjalin tanpa terputus. Motif ini memiliki arti sebagai lambang kesinambungan. Sedangkan untuk bentuk huruf S diambil dari sebuah ombak samudera sebagai lambang penyemangat yang tidak pernah padam.

  • Motif Sawat

Pada zaman dahulu motif batik Sawat ini dianggap sangat sakral karena hanya bisa dikenakan oleh keluarga keturunan Raja. Sedangkan motif ini dimaknai sebagai guru Garuda yang dijadikan sebagai kendaraan dewa Wisnu untuk lambang kekuasaan atau lambang. Menurut filosofi motif batik sawat ini diyakini mampu melindungi kehidupannya apapun yang mengenakan motif ini.

  • Motif Sidomukti

Dalam motif batik Sidomukti ini telah menggambarkan harapan seseorang untuk memiliki kehidupan yang jauh lebih baik lagi di masa depannya, selalu diberkati Tuhan dalam kemuliaan dan kesejahteraan. Motif Sidomukti tidak hanya terlihat unik dan elegan namun negara lain yang mengetahui makna di balik dari motif tersebut tentu akan merasa terpukau.

Sebagai warga negara Indonesia tentu sangatlah bangga karena kita memiliki kekayaan budaya yang telah diberikan oleh para leluhur. Untuk itu Anda harus mengenali setiap motif dan makna dari setiap batik yang ada terutama batik Solo.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*