Tips Memilih Kain Baju Batik yang Berkualitas Bagus

Kita ketahui bersama kalau baju batik merupakan sebuah baju yang menggambarkan ciri khas Indonesia. Kini sudah banyak sekali model baju batik yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki motif dan corak yang berbeda-beda. Ketika menggunakan baju batik maka terdapat kebanggan tersendiri karena batik merupakan sebuah warisan bangasa yang tetap populer sampai dunia internasional. 

Banyak sekali orang yang menjadikan batik sebagai pakaian untuk acara formal dan pakaian sehari-hari. Berbagai model dan desain baju batik untuk orang remaja sampai dengan orang dewasa. Mulai dari lengan panjang, lengan pendek bisa anda dapatkan dan bisa dipadukan dengan celana atau rok yang anda kenakan baik acara resmi atau santai.

Kualitas sebuah model baju batik pasti akan mempengaruhi kenyamanan orang yang menggunakannya. Ketika batik tersebut memiliki kualitas bagus maka harganya pun semakin mahal. Hal yang membuat batik itu mahal adalah tingkat kesulitan dalam membuat motif dan desain. Ketika anda salah satu orang yang memperhatikan nilai barang maka memilih batik yang berkualitas menjadi hal yang sangat penting. Tidak perlu bingung, berikut ini beberapa tips untuk memilih batik yang berkualitas.

  • Memperhatikan jenis kain

Sebelum anda membeli batik maka pastikan jenis kain yang anda pilih itu batik cetak atau batik tulis. Motif batik tulis memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan batik cetak. Hal ini dikarenakan proses pembuatan batik memerlukan keterampilan yang tinggi.

  • Jenis bahan pembuatan batik

Saat anda ingin membeli berbagai model baju batik maka silahkan anda melihat jenis kain yang digunakannya. Kalau anda membeli batik untuk dipakai setiap hari maka silahkan memilih batik yang berbahan kain katun. Jenis kain katun mampu menyerap keringat sehingga lebih nyaman saat digunakan. Percuma memilih model yang bagus namun jenis kainnya biasa saja maka akan kurang nyaman saat digunakan.

  • Warna cetakan batik

Langkah selanjutnya yaitu memperhatikan warna cat yang digunakan. Jadi pastikan kalau warna batik tidak sampai menempel pada tangan. Apabila warna cat ini meninggalkan bekas di tangan maka pewarna yang digunakan ini memiliki kualitas rendah. Kalau tetap anda beli maka saat dicuci warnanya akan cepat memudar.

Demikianlah beberapa tips untuk memilih kain batikyang berkualitas. Semua itu tentunya bertujuan agar anda tidak merasa rugi setelah membeli batik. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar batik.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*